Video Bedah Buku: Manusia - Manusia dan Peradaban Indonesia Melalui Channel Youtube

Buku yang berjudul “Manusia-Manusia dan Peradaban Indonesia” karya Prof. Dr. Truman Simanjuntak mengajak kita untuk menyelami sejarah Indonesia melalui tinggalan budayanya. Siapa yang dimaksud “Manusia Indonesia”, dari mana asal dan usulnya, dan bagaimana perkembangannya dalam ruang dan waktu hingga bersatu menjadi Bangsa Indonesia di kekinian? Bagaimana perilaku kehidupannya, apa saja capaian-capaian dan konsepsi pemikiran yang menggerakkannya, hingga menciptakan “Peradaban Indonesia”? 
 
Buku ini berupaya menjawab pertanyan-pertanyaan besar itu untuk pembaca. “Berangkat dari kelampauan, tiba di kekinian, dan berproyeksi ke masa depan” merupakan konsep penulisan buku ini. Mesin waktu telah menghantarkan kehidupan manusia dan evolusi peradaban Indonesia dari sejak kemunculannya ke masa sekarang. Tidak heran jika buku ini mengajak kita berkelana ke masa silam nusantara dengan merekam peristiwa-peristiwa besar yang bersifat kultural dan natural. Di sana terterakan evolusi lingkungan, termasuk evolusi dan persebaran manusia beserta peradabannya. Dan, disana juga terhimpun local genius yang diperkaya dengan serapan nilai-nilai luar yang kompatibel hingga membentuk mozaik karakter keIndonesiaan. Idealisme di masa kini adalah “Menjadikan Indonesia yang Sesungguhnya”. 
 
Capaian-capaian dan kearifan manusia-manusia Nusantara sebagai buah dari rentetan migrasi, adaptasi, interaksi, evolusi, dan revolusi dalam ruang dan waktu merupakan nilai-nilai luhur yang mestinya menjadi fondasi kehidupan berbangsa di masa kini. Semakin kokoh fondasi itu lewat penggalian, pengaktualisasian, dan pengembangan nilai-nilai, semakin menjadikan Indonesia berdiri teguh, besar, dan berkepribadian di tengah bangsa-bangsa dan peradaban dunia di masa sekarang dan masa mendatang.
 
Yuk kita tonton Video Bedah Buku yang di Selenggarakan oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional
 

 

 

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama